Friday, May 3, 2013

BAHAN SELL GROUP - Pelajaran 13 Pertanyaan 18 - Sumber: katekismus Singkat Westminster



TERCEMARNYA SELURUH NATUR MANUSIA


SASARAN
Agar anggota sell group dewasa memahami bahwa keberdosaan dari kondisi manusia yang berdosa terdiri juga dari tercemarnya seluruh nature (manusia).

TEKS: Roma 5:19; Roma 3:10; Kej. 6:5; Mat. 15:19

INTRODUKSI
Fakta bahwa manusia telah rusak rusak secara total dapat di lihat dari beberapa kondisi ini: pertama, kerusakan (atau kefasikkan) tersebut terjadi di dalam batin manusia. Hal itu terjadi di dalam nature manusia yang paling dalam. Allah dapat melihatnya sekalipun manusia sendiri tidak mampu. Kedua, kita melihat  betapa kejahatan manusia sangatlah hebat. Ketiga, kita melihat betapa kejahatan tersebut terjadi secara berkesinambungan. Hati manusia bukan kadang-kadang jahat, melainkan selalu jahat. Keempat, Dan akhirnya kita melihat bahwa kejahatan ini berlaku universal. Tidak ada satupun manusia yang berbuat dosa.

Manusia di katakana rusak total dalam hal luas cakupannya (seluruh nature manusia telah tercemar oleh dosa), namun dalam hal tingkatannya belum (kejahatan manusia tidak mencapai tingkatan maksimal). Kemurahan Allah menjadi satu-satunya alasan mengapa manusia belum mencapai tingkatan yang maksimal. Fakta dan kebenaran berbicara bahwa manusia tidak mungkin dapat melakukan apapun yang benar, atau kudus, atau benar dalam pandangan Allah tanpa lebih dahulu di perbaharui oleh Roh Kudus dan kuasa-Nya.

OBSERVASI
  • Apa penyebab tercemarnya seluruh nature ke dalam keadaan yang berdosa? (Roma 5:19)
  • Apa yang di katakan Alkitab tentang kondisi semua orang dalam hubungannya dengan dosa? (Roma 3:10)
  • Bagaimana Allah memandang manusia yang sudah tercemar akan dosa? (Kejadian 6:5; Matius 15:19)

INTERPRETASI
  1. Apakah di dalam keberdosaannya manusia dapat melakukan kebaikkan untuk menyenangkan Allah?
  2. Apakah ada kejahatan manusia yang melampaui kasih dan kemurahan Allah?
  3. Bagaimanakah manusia yang sudah tercemar dalam dosa dapat kembali melakukan apa yang benar di hadapan Allah? Jelaskan!

APLIKASI
  1. Apakah sebagai orang Kristen mengakui dengan rendah hati bahwa di luar Allah kita adalah orang yang sudah tercemar oleh dosa/ rusak secara total?
  2. Apa komitmen kita setelah kita menyadari bahwa dalam pembaharuan yang di kerjakan oleh Roh Kudus memampukan kita melakukan apa yang benar dan kudus di pandangan Allah?

AKSI
  1. Ayat hafalan: 1 Yohanes 1:9
  2. Belajar taat pada kehendak Allah melalu firman mulai untuk melakukan apa yang benar, mulai dari hal yang sederhana, seperti: beribadah, saat teduh, memuji Tuhan, dll

DOA:
Doakan agar melalui sell group dewasa banyak anggota jemaat yang bertumbuh dalam kerohaniannya, salah satunya adalah semakin hari semakin taat pada perintah dan kehendak Allah.




                                                                     KATEKISMUS SINGKAT WESTMINSTER 1
Sell Group Dewasa Januari 2013                  PELAJARAN  13 PERTANYAAN 18                                

No comments:

Post a Comment