Friday, May 3, 2013

BAHAN SELL GROUP - Pelajaran 16 Pertanyaan 21 - Sumber: katekismus Singkat Westminster



SIAPAKAH YANG MENJADI PENEBUS UMAT PILIHAN ALLAH?
SASARAN
Agar anggota sell group dewasa memahami bahwa satu-satunya Penebus umat pilihan Allah hanyalah Tuhan Yesus Kristus, yang adalah Anak Allah yang kekal, yang telah menjadi manusia, dan demikian terus sebagai Allah dan manusia dalam dua nature yang berbeda, dan dalam satu pribadi, untuk selamanya.

TEKS: 1 Timotius 2:5; Yohanes 1:14; Roma 9:5; Ibrani 7:24

INTRODUKSI
HANYA Yesus satu-satunya penebus umat pilihan Allah menegaskan bahwa kita menolak gerakan ekumenis modern yang mengajarkan doktrin keselamatan universal. Mereka mengajarkan bahwa ada kebenaran yang menyelamatkan di dalam semua agama bagi setiap manusia yang jujur dan tulus. Hanya ada satu jalan yang memimpin kepada hidup dan orang yang tidak menerima Kristus, sebagaimana DIA ditawarkan dalam berita Injil telah menempatkan mereka kepada kebinasaan.

Mengapa hanya Yesus Penebus bagi umat pilihan Allah? Jawabannya adalah bahwa hanya Yesus yang memenuhi syarat untuk menjadi Penebus kita karena ketuhanan-Nya yang kekal dan kemanusiaan-Nya yang sejati. Ini berarti bahwa Yesus Kristus adalah Allah. Ia bersifat tidak terbatas, kekal, dan tidak berubah, dalam keberadaan-Nya, kebaikkan-Nya, dan kebenaran-Nya. Bukti keilahian Kristus: (a) Yesus Kristus di sebut sebagai Allah (Yes. 9:5; Yoh.20:28); (b) Ia memiliki atribut-atribut Allah (Yoh. 1:1; 2:24-2); (c) Ia berkuasa melakukan karya-karya Allah yang agung (Yoh. 5:21; Kol. 1:16); (d) Ia menerima penyembahan yang hanya layak di terima oleh Allah (Yoh.20:28; Why.5:12-14). Dengan demikian kita menolak saksi Yehovah yang menyatakan bahwa Yesus hanya menjadi ilahi dan tidak mengakui bahwa Kristus adalah Allah sejati. Sekarang, Pribadi ilahi ini (yang selalu adalah Allah seutuhnya, pada waktu yang telah ditetapkan sejak semula, menjadi manusia dengan mengambil bagi diri-Nya natur manusia yang seutuhnya (ref. Yohanes 1:14)

Pengertian yang salah dari Firman menjadi daging: (1) Konversi, artinya inkarnasi menyebabkan suatu perubahan pada salah satu dari kedua nature yang di miliki-Nya. Ilahi-Nya berkurang atau manusia-Nya yang ikut terangkat sedemikian tinggi. (2) Komposisi atau percampuran, artinya inkarnasi telah mengakibatkan terjadinya percampuran antara 2 natur (keilahian dan kemanusiaan), sehingga Yesus memiliki nature yang baru yang merupakan percampuran dari kedua-Nya. (3) Ortodoks, yang mengatakan Yesus memiliki 2 natur yang tidak mengalami perubahan ataupun percampuran, namun keliru dengan mengatakan Yesus memiliki 2 kepribadian yang berbeda (terpisah). KATEKISMUS menolak semua pandangan ini dan menegaskan: (1) Natur ilahi Kristus tetap utuh dan sejati, sebagaimana halnya dengan nature manusia-Nya. (2) Menegaskan integritas 2 natur yang ada dalam Kristus (3) keberadaan Kristus bukan terdiri dari 2 pribadi. Kristus adalah satu Pribadi. Ia adalah satu Pribadi ilahi yang telah mengambil nature manusia bagi diri-Nya sendiri yang terdapat kesatuan yang sempurna, namun sekaligus juga perbedaan yang tegas.

OBSERVASI
  • Berdasarkan 1 Timotius 2:5 siapakah yang di sebut sebagai pengantara antara Allah dan manusia?
  • Siapakah Firman yang di maksudkan dalam Yohanes 1:14 dan apa yang di katakan tentang firman itu?
  • Dalam Roma 9:5 Apa 2 natur yang di sebutkan tentang Mesias (Juru Selamat)?

INTERPRETASI
  1. Adakah di dalam dunia ini (yang saudar/i ketahui) yang di tunjuk sebagai Juru Selamat?
  2. Apakah alasan orang-orang pada umumnya yang mengatakan bahwa Allah juga menyediakan kebenaran dan keselamatan di luar Yesus Kristus sehingga di luar Kristus di mungkinkan mendapatkan keselamatan?
  3. Alasan apa sajakah yang menyebabkan orang-orang menolak iman Kristen yang mengatakan bahwa hanya Kristuslah satu-satunya Juru Selamat?

APLIKASI
  1. Kualifikasi Juru Selamat tidak ada pada Pribadi lain selain dari pada Yesus Kristus.
  2. Yesus Kristus adalah Allah sejati yang mengambil rupa manusia sejati. Tidak bercampur, tidak terpisahkan namun berada sebagai satu Pribadi yang menjadi Juru Selamat sampai selama-lamanya.
AKSI
  1. Ayat hafalan: Kisah para rasul 4:12
  2. Tanggalkan segala paham bahwa ada jalan keselamatan yang lain selain melalui Yesus Kristus. Berpegang teguh pada Firman Tuhan sehingga tidak di ombang-ambingkan iman kita melalui serangan-serangan pengajaran yang menafsirkan salah tentang Tuhan Yesus Kristus
DOA:
Berdoa agar iman selalu di teguhkan dan percaya bahwa hanya Yesus satu-satunya Juru Selamat bagi umat pilihan Allah (kita termasuk di dalamnya). Berdoa agar melalui sell group, iman kita di tuntun pada pengertian yang pada akhirnya semakin meneguhkan kembali iman kita.

                                                                     KATEKISMUS SINGKAT WESTMINSTER 1
Sell Group Dewasa April 2013                     PELAJARAN  16 PERTANYAAN 21                                

No comments:

Post a Comment