Monday, April 29, 2013

Renungan Doa



QUANTITY AND QUALITY PRAYERS (I Tes 5:17)

yohanes waworundeng

Sebagian orang Kristen menganggap bahwa doa itu jangan di ukur dari berapa banyak waktu yang di pakai. Sebagian lainnya berkata: berikan waktu lebih banyak.

Lamanya berdoa dan bagaimna kualitas doa bukanlah inti dari kehidupan berdoa. Seberapa sering kita berbicara dengan orang tua bukanlah jaminan bahwa kita berada dalam komunikasi yang baik. Namun, apabila waktu yang kita miliki singkat tidak mungkin ada cukup waktu untuk memahami dan mengenal mereka.

Lamanya berdoa dan kualitas dari doa bukanlah inti dari kehidupan berdoa.

Jika demikian apa prinsip utamanya? Prinsip utamanya adalah relasi. Apa maksudnya? Relasi menentukan seberapa waktu dan kualitas di dalamnya yang kita berikan untuk berkomunikasi dengan seseorang.

Saya ingin berbicara lebih banyak dan memberi perhatian kepada ayah saya, karena ia adalah ayah saya. Hal ini tidak boleh di balik. Saya tidak berbicara lebih banyak dan memberikan perhatian lebih kepada ayah saya untuk menunjukkan ia ayah saya.

Seberapa kita sadar bahwa ia adalah ayah saya seharusnya membawa kita untuk mau lebih banyak berkomunikasi dan memberikan perhatian lebih banyak kepadanya.

Sama halnya dalam kehidupan berdoa. Kita tidak memberikan waktu lebih banyak berdoa untuk menunjukkan bahwa Allah adalah Bapa kita. Tetapi, karena kita tahu bahwa Ia adalah Bapa kita, maka kita akan memberikan waktu untuk dan perhatian yang penuh dalam waktu itu untuk berdoa/ berkomunikasi kepadanya.

Semakin kita mengenal Allah dalam perbuatan dan sifat-sifat-Nya akan membuat kita semakin sadar bahwa tidak ada tempat untuk menyatakan segala pergumulan, kesusahan, dan kegembiraan selain hanya kepada Allah. Dan tidak ada waktu yang terbaik selain berada di dekatnya.

Mengapa kita tidak mau atau bahkan hitung-hitungan waktu berdoa kepada Allah? Karena kita kurang mengenal Dia. Mengapa kita kurang mengenal Dia? Karena kita jarang mendengar suara-Nya melalui Firman Allah.

Berdoa adalah hak istimewa yang Allah berikan kepada setiap orang percaya untuk bisa berkomunikasi kepada-Nya. Di dalam kondisi apapun kita bisa berdoa. Dia adalah Bapa kita dan kita adalah anak-anak-Nya. Berbicaralah kepadanya lebih banyak dan setiap waktu adalah selalu menjadi waktu yang berkualitas pada waktu dekat dengan Allah. Amin.

No comments:

Post a Comment