Friday, May 3, 2013

BAHAN SELL GROUP - Pelajaran 14 Pertanyaan 19 - Sumber: katekismus Singkat Westminster



PENDERITAAN DARI KONDISI KEJATUHAN MANUSIA


SASARAN
Agar anggota sell group dewasa memahami bahwa kejatuhan manusia mendatangkan berbagai penderitaan

TEKS: Kej. 3:8, 24; Ef. 2:3; Ratapan 3:39; Rm. 6:23; Matius 25:41

INTRODUKSI
Penderitaan manusia meliputi (1) kenyataan bahwa manusia telah kehilangan persekutuan dengan Allah, telah di bawah murka dan kutuk Allah. (2) dalam kehampaan dan ketiberdayaan masih juga terdapat penderitaan hidup yang tidak mungkin dihindari sepenuhnya oleh siapapun. Tentu saja tidak semua orang memiliki pengalaman yang sama. Kita tidak dapat memberikan penjelasan apapun atas “perbedaan” ini, selain mengimaninya sebagai bagian dari rencana Allah yang berhikmat dan berdaulat mutlak. Namun yang harus di garisbawahi adalah bahwa penderitaan merupakan suatu hal yang universal serta tidak dapat di hindari manusia. (3) adanya kuasa maut (kematian). Alkitab sama sekali tidak mengajar kita untuk meremehkan masalah kematian, ataupun menganggapnya sekedar sebagai suatu peristiwa alamiah. (4) akhirnya kita melihat adanya hukuman kekal bagi mereka yang terhilang.

Perlu di pahami bahwa mereka yang beriman kepada Yesus Kristus menempati posisi yang sama sekali berbeda dengan mereka yang tidak beriman kepada-Nya. Perbedaannya: (1) sejak masih dalam dunia dan waktu sekarang ini, orang beriman telah kembali menikmati persekutuan dengan Allah. Ia dapat kembali kepada Allah dengan perantaraan Yesus Kristus. (2) Dalam imannya kepada Yesus Kristus, jiwa orang yang beriman telah di pindahkan dari kematian kepada kehidupan. Dalam hal kematian, ia menemukan bahwa sengat maut tidak lagi berkuasa atasnya dan tidak ada satu halpun yang dapat memisahkannya dari Kristus. (3) Pada hari terakhir – hari kebangkitan – orang beriman di bebaskan sepenuhnya dari semua penderitaan dan di bawa menuju kebahagiaan yang sempurna. Sebaliknya, pada saat itu orang yang tidak beriman di serahkan sepenuhnya ke dalam suatu penderitaan yang sepenuhnya tiada berkesudahan.

OBSERVASI
  • Apa yang di alami manusia pertama di dalam keberadaannya yang sudah jatuh dalam dosa berdasarkan Kejadian 3:8, 24?
  • Penderitaan seperti apa sajakah yang di gambarkan Alkitab tentang manusia yang sudah jatuh ke dalam dosa menurut Efesus 2:3; Ratapan 3:39; Roma 6:23; Matius 25:41?

INTERPRETASI
  1. Apakah ada orang-orang yang tidak mengalami penderitaan dalam dunia ini? Jelaskan.
  2. Apa sajakah respon/ tanggapan manusia terhadap penderitaan yang di alami?
  3. Bagaimanakah manusia seharusnya memandang kematian? Jelaskan!

APLIKASI
  1. Di dalam iman kepada Yesus kristus bagaimanakah seharusnya kita berespon terhadap penderitaan?
  2. Apakah sebagai orang Kristen kita menyadari bahwa iman kepada Yesus Kristus adalah berkat besar yang memampukan untuk menghadapi berbagai penderitaan yang di sebabkan oleh dosa?

AKSI
  1. Ayat hafalan: Roma 6:23
  2. Belajar taat pada kehendak Allah melalu firman supaya menjauhi kehidupan yang berdosa dan terus-menerus mengerjakan apa yang benar. Senantiasa berdoa memohon kekuatan untuk menghadapi berbagai penderitaan

DOA:
Doakan agar melalui sell group dewasa banyak anggota jemaat yang bertumbuh dalam kerohaniannya, salah satunya adalah dapat dikuatkan untuk menjalani iman kepada Yesus Kristus bahkan ketika di terpa berbagai penderitaan.



                                                                                    KATEKISMUS SINGKAT WESTMINSTER 1
Sell Group Dewasa Februari 2013                              PELAJARAN  14 PERTANYAAN 19                                

No comments:

Post a Comment